Saturday 27 July 2019

7 kunci agar kolam koi tetap jernih dan sehat - tukang kolam koi

7 KUNCI AGAR KOLAM KOI TETAP JERNIH DAN SEHAT - TUKANG KOLAM KOI

7 KUNCI AGAR KOLAM KOI TETAP JERNIH DAN SEHAT

Ikan koi merupakan peliharaan yang banyak di jadikan hobi dan juga di jadikan peliharaan yang dapat bisa di lombakan atau kontes, ini merupakan bagian dari keindahan warna pada ikan itu sendiri, bukan hanya itu saja hampir 60 - 70 % rumah-rumah modern pada saat sekarang ini disiapkan lahan baik untuk taman atau area yang bisa di jadikan untuk kolam koi. karna memang keberadaan kolam atau ikan koi mampu memberikan kesan kesejukan, ketenangan dan juga mampu memberikan suasana natural dan elegan dirumah kita.
berbicara tentang ikan koi tak lepas dari kolam koi itu sendiri dan tak jarang pula kolam koi hanya di jadikan pemanis untuk rumah-rumah modern pada saat sekarang ini.namun apakah kolam yang ada mampu memberikan manfaat baik dari segi keindahan,penyaluran hobi dan juga pemanfaataan kolam dalam jangka waktu yang panjang.
hal-hal yang sering di dapati ketika berbicara tentang kolam koi dan ikan koi.
 permasalahan kolam.
kolam koi yang di buat terkadang tidak memenuhi standar kolam dan hanya bertahan dalam jangka pendek diantara permasalahan itu antara lain,
- kolam bocor
- kolam cepat keruh
- ikan koi yang tidak sehat
 tahukan anda, di dalam menciptakan kolam yang efektiv bukan hanya keindahan saja yang harus di perhatikan karna untuk menciptakan kolam koi yang baik dan benar yang mampu menjadikan kolam itu efektiv baik dari segi ketahanan atau kekuatan, keindahan,kualitas air dan tentunya kesehatan ikan haruslah di tunjang dengan pembuatan yang benar pula. disini kami menyuguhkan artikel 7 kunci agar kolam koi tetap jernih dan sehat yang mudah-mudahan dapat membantu untuk menciptakan kolam yang sesuai dengan apa yang di harapkan.
7 kunci agar kolam koi tetap jernih dan sehat antara lain
1. KONSTRUKSI KOLAM
 mengapa konstruksi kolam menjadi salah satu faktor pendukung dalam menciptkan kolam koi yang jernih dan sehat.., itu karna konstruksi pembuatan kolam adalah hal dasar yang harus di terapkan dalam pembuatan kolam yang baik. baik dalam segi apa...?
baik dalam segi struktur pembuatan, design konsep yang sesuai dengan konsep kolam dll
STRUKTUR PEMBUATAN.
pembuatan dasar untuk kolam struktur pembuatan dimana hal yang paling tidak kita inginkan adalah kebocoran kolam.jadi struktur konstruksi pembuatan hal dasar yang harus diperhatikan,.
mulai dari penentuan kedalaman kolam, pemasangan rangka besi yang tepat,pengecoran juga waterprofing kolam.



DESIGN KONSEP
banyak dari kita berpikir kolam hanya bangunan kotak yang dapat menampung air. nah disini kami berbicara tentang kolam utama atau kolam dasar diluar dari sistem-sistem yang lain. kolam utama haruslah di rancang agar memiliki kinerja yang menunjang dengan sistem sirkulasi air, dimana kotoran-kotoran yang ada pada kolam utama dapat dengan mudah di tarik melalui pipa botom drain yang di inputkan ke sistem filter. hendaknya bagian dasar kolam di buat agak kerucut di bagian dasar yang titik tumpu ujung kerucut tersebut adalah pipa botom drain, pipa botom drain adalah pipa utama di kolam yang menghubungkan kolam utama dan filter kolam koi




2. PEMILIHAN PIPA UNTUK ARUS SIRKULASI AIR DAN SUPLIE INPUT JUGA OUTPUT AIR.
pemilihan pipa atau pemilihan ukuran pipa juga adalah hal yang sangat menunjang untuk menciptakan kolam koi tetap jernih dan sehat.kenapa demikian karna dari pipa-pipa tersebut sirkulasi baik untuk input dan output air bisa terpenuhi. sebagai contoh, jika dengan ukuran kolam yang besar, sedangkan pemakaian pipa-pipa yang di gunakan itu pipa ukuran kecil maka tidak akan memberikan hasil yang maksimal dalam sistem sirkulasi yang baik. maka hendaknya pemakaian pipa untuk dasar konstruksipun haruslah di perhatikan agar tepat guna.
3. PEMBUATAN FILTER YANG TEPAT GUNA
Filter kolam adalah salah satu penunjang utama dalam menciptakan kolam koi yang jernih dan sehat mengapa demikian, karna kotoran-kotaran yang ada di kolam mampu di atasi dengan sistem tersebut.
untuk kolam koi ada beberapa sistem filter yang biasa di gunakan
1. sistem filter chamber
chamber filter atau filter chamber adalah ruangan ruangan yang di buat diluar dari kolam utama berbentuk kolam kolam kecil yang satu sama lain terintegrasi. kolam-kolam kecil tersebut itulah yang di sebut chamber dimana dalam setiap chamber dapat di fungsikan sebagai tempat media filter.
jumlah chamber untuk kolam dapat di buat menyesuaikan ukuran kolam utama.



7 kunci agar kolam koi tetap jernih dan sehat


dari bagan tampak terlihat ada 6 (enam) kolam kecil atau chamber yang di gunakan sebagai sistem filter.
untuk cara kerja sistem filter chamber dapat dilihat penjelasan kamidi vidio yang dapat anda lihat di link cara kerja sistem filter chamber untuk kolam koi 
2. sistem filter chamber dan vortex
pada sistem ini, chmaber chamber dapat di kolaborasikan dengan vortex chamber dimana sistem vortex chamber ini adalah ruangan kolam kecil yang berbentuk bulat dengan maksud dan fungsi untuk memutar air yang masuk dengan tujuan agar kotoran-kotoran dapat mengendap di bagian bawah chamber vortex itu sendiri.
7 kunci agar kolam koi tetap jernih dan sehatgambar di atas terlihat skema filter chmaber vortex yang di gunakan untuk kolam koi
3. bakki shower
bakki shower merupakan sistem filter yang di buat seperti rak-rak kotak yang di fungsikan untuk meyimpan media filter. dengan skema tersusun keatas air yang masuk akan bertahap melewati setiap bakki yang sudah di berikan media.
dari ketiga sistem tersebut semua mampu memberikan kinerja yang baik untuk kolam apalagi jika semua sistem di terapkan dalam satu kolam. sudah barang tentu kualitas kebersihan air akan terjamin
4. PEMILIHAN MESIN POMPA YANG SESUAI
Mesin pompa terkadang kita hanya melihat dia sebagai alat penyedot air untuk sirkulasi namun apakah kita tau kekuatan atau daya mesin pompa itu juga adalah bagian yang tak terpisahkan untuk menciptakan kualiatas air yang bagus.
nah disini kami mengingatkan untuk lebih bijak dalam memilih mesin pompa kolam kita. pertama kita harus tau seberapa besar debit air yang ada sehingga daya kekuatan mesin pompa tersebut mampu mensuplie air dengan kekuatan yang tepat sehingga sirkulasi air mampu berjalan dengan baik.
5. PEMILIHAN MEDIA FILTER YANG TEPAT
Di atas kamitelah menjelaskan tentang beberapa sistem filter untuk kolam koi nah disini kami juga akan menerangkan betapa pentingnya media filter untuk menciptakan kejernihanair.
berikut kamilampirkan gambar-gambar media filter yang biasa di pakai untuk kolam koi
batu karang

arang hitam

batu zeloit

bioball

dacron

brushing

busa

japanese mat

karung media

lampu UV
untuk lebih jelas mengenai media filter, dapat di baca melalui artikel kami
8 media filter untuk kualitas air kolam
6. PROSES PENGGANTIAN MEDIA DAN PEMBERSIHAN MEDIA FILTER SECARA BERKALA DAN TERATUR
untuk tetap menjaga kualitas air agar selalu baik dan sehat, hendaknya kitapun harus memperhatikan proses penggantian media dan pembersihan media filter kolam secara teratur dan berkala. karna dengan menjaga media filter bersih sudah barang tentu air yang di hasilkan akan bersih dan sehat.
kamipun menyajikan cara bagaimana cara mengganti media filter kolam melalui vidio youtube.com yang kami beri judul cara mengganti media filter kolam koi 

7. OBAT-OBATAN UNTUK MENJAGA KESEHATAN AIR DAN IKAN KOI
dari ke enam kunci agar kolam koi tetap jernih, ada satu lagi yang sekiranya haruslah di perhatikan demi menjaga kualitas air dan kesehatan ikan koi kita. yaitu dengan cara menyediakan obat-obatan untuk kolam dan ikan koi kita.
demikian 7 kunci agar kolam koi tetap jernih dan sehat persembahan tukang kolam yang mudah-mudahan mampu memberikan pencerahan bagi anda yang ingin memiliki kolam ikan koi yang jernih dan sehat.
disini kami selaku kontraktor pembuatan kolam koi siap membantu anda yang berencana membuat atau renovasi kolam koi dengan prinsip kolam koi yang kuat dan sehat.
info kontak dapat menghubungi kami
telp : 0811-1310-909

Wa : 0812-1971-5689
email : deniruswan06@gmail.com
berkahtaman@gmail.com
website terkait : tukang-kolam.com
youtube chanel
https://www.youtube.com/user/deniruswanhttps://www.youtube.com/channel/UCg-ipdf1u3gXuZqJwTLJ1xQ



tagkeyword
#7kunci_agar_kolam_koi_tetap-jernih_dan _sehat
#tukangkolamkoi
#tukangkolamminimalis
#tukangkolamkoijakarta

0 comments:

Post a Comment